Tema : Biotik
Sub
tema : Hewan
Topik : Vertebrata
Sub
topik : Aves (ciri,
perkembangbiakan, manfaat)
Waktu : Minggu 3-4 (.........................)
Tujuan :
·
Anak senang mengikuti
kegiatan di sentra seni.
·
Anak mampu mengikuti
kegiatan dari awal sampai akhir.
·
Anak mampu menyanyikan lagu
“hewan”, “Simbiosis” dengan jarak nada
sampai 1 oktaf.
·
Anak mampu mengekspresikan
ide dalam bentuk gambar hewan Aves.
·
Anak mampu menggambar hewan
dengan memperhatikan proporsional bentuk.
·
Anak senang mengikuti
kegiatan memasak sup burung dara / telur puyuh.
·
Anak menulis proses memasak
sup dengan pijakan guru.
·
Anak mampu mengungkapkan
penghargaan terhadap karya diri dengan memperhatikan masukan dari orang lain.
·
Anak mengikuti kegiatan sesuai prosedur.
·
Anak mampu membuat pilihan
dan belajar menerima koneskuensi dari pilihannya.
·
Anak mampu menyelesaikan
tugas yang sudah dimulai dengan tepat waktu.
·
Anak mampu menyelesaikan
masalah dalam menghadapi kesulitan.
·
Anak mampu fokus saat
bekerja dan memahami manfaat dari kegiatan
yang dilakukan.
·
Anak mampu mengenal hubungan
antara ciri-ciri aves dengan fungsinya dalam ekosistem
·
Anak mampu mendengarkan
informasi dengan sikap yang wajar
·
Anak mampu menyelesaikan
masalah yang dihadapi dengan sikap yang
wajar.
·
Anak melakukan
gerakan koordinasi mata, tangan dan kaki dengan sesuai
saat beres-beres.
·
Anak menggunakan media belajar dengan sesuai
(pensil warna, konte)
Kosa Kata
· Aves
|
· Herbivora
|
· Karnivora
|
· Omnivora
|
· Insectivora
|
· Frogivora
|
· Sanguivora
|
· Detritivora
|
· Vertebrata
|
· Berkembangbiak
|
· Vivipar
|
· Ovipar
|
· Ovovivipar
|
· Cangkang
|
· Oval
|
· Bulu
|
· Homoiterm
|
· Telur
|
· Predator
|
· Evolusi
|
· Proporsional
bentuk
|
Media Guru
· Alqur’an
dan terjemah
· Indeks
AlQur’an Sukmajaya Asyarie, Pustaka.
· Buku
“Shahih Bukhari” ( Pustaka As-Sunnah)
· Ensiklopedia
Dunia Hewan (Lentera Abadi)
· Ensiklopedi
Pengetahuan Fauna dan Flora ( tiga
serangkai)
· Eksplore
Mamalia (Erlangga)
· Ensiklopedia
Fauna (Erlangga)
· Binatang
Peliharaan (Elex Media)
· Kertas
bambar, pensil warna, konte, krayon
Media Anak
· Ensiklopedia
Dunia Hewan (Lentera Abadi)
· Ensiklopedi
Pengetahuan Fauna dan Flora ( tiga
serangkai)
· Eksplore
Mamalia (Erlangga)
· Ensiklopedia
Fauna (Erlangga)
· Binatang
Peliharaan (Elex Media)
· Kertas
gambar, pensil warna, krayon, konte.
Motivasi
·
Guru dan anak sharing
tentang hewan secara umum dan aves.
·
Guru dan anak membahas
tentang klasifikasi mamalia dan ekosistemnya.
·
Guru dan anak bernyanyi
lagu tentang kebun binatang.
Kegiatan
Kegiatan main yang membuat TFP mengalir ke
anak yang dapat membangun konsep tentang hewan Aves.
Mendengar dan membaca surat An-Nahl ayat
66,80 dan surat Yasin ayat 71-73.
Ø
Sharing tentang makna surat.
Ø
Membuat sket bentuk hewan
dengan pensil, termasuk habitatnya.
Ø
Mewarnai gambar dengan
pensil warna/krayon.
Ø
Menyempurnakan gambar
dengan konte.
Ø
Menceritakan karya yang
tekah dibuat
Ø
Memasak : mengidentifikasi
bahan dan alat, menyiangi dan membersihkan bahan, memotong/mengiris bumbu,
menumis, merebus, menyajikan, beres-beres.
PROSEDUR
PIJAKAN LINGKUNGAN MAIN
Di dalam
ruangan:
- Menata alat dan bahan yang akan digunakan oleh
guru dan anak :
- Menulis jurnal dengan menggunakan buku jurnal dan
alat tulis pensil.
- Pojok baca, di lengkapi
dengan buku-buku yang berhubungan dengan hewan
aves yang di susun di rak buku.
PIJAKAN AWAL MAIN
· Guru mengajak anak duduk membuat lingkaran/berbaris dua baris,
menyanyi ‘hewan“ “kebun binatang”
· Diskusi dengan anak tentang hewan
mamalia.
·
Menjelaskan urutan kegiatan
hari ini.
·
Diskusi aturan berinteraksi dengan
teman dan cara bermain .
· Mengajak anak untuk berdoa sebelum melakukan kegiatan,
memanggil anak satu persatu dengan tebak hewan.
·
Mengucapkan selamat bermain
dan bekerja.
PIJAKAN INDIVIDU SAAT MAIN
·
Guru bergerak bebas
di antara anak, mengamati dan mencatat serta kapan masuk dan keluar ketika interaksi
main anak sesuai kebutuhan main saat itu.
·
Memberi dukungan
yang dibutuhkan anak, mengamati kegiatan yang di lakukan anak-anak. Mendukung anak untuk mengikuti ,menjaga dan membantu untuk konsisten dengan urutan kerja dan
berusaha untuk mendukung keberhasilan anak dalam interaksi mainnya saat main
sendiri maupun saat main dengan anak lainnya.
·
Memberikan pijakan kepada
anak dengan tujuan untuk mengembangkan tahapan mainnya dari pengamatan visual,
pernyataan tidak langsung, pertanyaan, pernyataan langsung dan modelling.
·
Dan guru memberikan tingkatan
pijakan sesuai dengan tahap perkembangan anak.
·
Menjaga fokus main
sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat dengan terus memberi dukungan dan mengalirkan
materi
(TFP) selama proses main dan belajar berlangsung hingga
selesai untuk mencapai tujuan dan keberhasilan anak.
·
Guru memberikan
“tanda” ( aba-aba dengan waktu), lalu menghitung mundur dari 10 sampai dengan
1, sebagai transisi untuk menghentikan kegiatan main dan dilanjutkan dengan kegiatan
beres-beres.
·
Bersama guru anak menyimpan dan mengembalikan alat main ketempat semula dengan klasifikasi.
PIJAKAN SETELAH
MAIN
·
Guru mengajak anak untuk
duduk bersama membuat lingkaran/ barisan untuk recalling melalui verbal dan tulisan. Anak-anak menceritakan kembali pengalaman selama
bermain/ bekerja.
·
Mengajak anak lain untuk
mendengarkan dengan perhatian pada saat temannya bercerita dan sabar menunggu giliran.
·
Guru dan anak mengucapkan Hamdallah.
·
Guru mengucapkan salam
kemudian anak-anak menjawabnya.
Pertanyaan
:
1. Apa yang anak-anak tahu tentang hewan?
2. Apakah perbedaan antara
mamalia dan aves ?
3. Apakah fungsi sayap pada burung ?
4. Apakah setiap Ades memiliki daya terbang yang sama?
5. Apa manfaat aves bagi manusia?
6. Apa fungsi mamalia dalam ekosistem?
7. Pelajaran apa yang dapat diambil dari hewan Aves bagi manusia?
8. Apa yang harus kita lakukan agar hewan di bumi tidak punah?
9. Bagaimana cara kita bersyukur atas penciptaan hewan ?
Evaluasi
:
Pengamatan
langsung, mencatat pilihan main, tahapan main anak, menyimpulkan ungkapan,
pertanyaan dan pernyataan anak. Mendokumentasikan semua bahasa natural anak
kedalam porto folio masing-masing anak.
Jakarta, 11 Januari, 2016 Mengetahui Guru Sentra Seni
Koordinator guru
(……………………….) (……………………….)
Posting Komentar