Selamat Datang!

Contoh Lesson Plan Sentra Seni Kelas 1 Sub Topik Mamalia





Tema                  : Biotik
Sub tema             : Hewan
Topik                  : Vertebrata
Sub topik             : Mamalia (ciri, perkembangbiakan, manfaat)
Waktu                 : Minggu 1-2 ( 16-27  Januari 2017)

Tujuan :
·         Anak sengan mengikuti kegiatandi sentra seni.
·         Anak mampu mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir.
·         Anak mampu menyanyikan lagu “hewan”, “Simbiosis” dengan jarak nada  sampai 1 oktaf.
·         Anak mampu mengekspresikan ide dalam bentuk gambar tentang hewan mamalia.
·         Anak mampu menggambar hewan dengan memperhatikan proporsional bentuk.
·         Anak mampu mengungkapkan penghargaan terhadap karya diri dengan memperhatikan masukan dari orang lain.
·         Anak  mengikuti kegiatan sesuai prosedur.
·         Anak mampu membuat pilihan dan belajar menerima koneskuensi dari pilihannya.
·         Anak mampu menyelesaikan tugas yang sudah dimulai dengan tepat waktu.
·         Anak mampu menyelesaikan masalah dalam menghadapi kesulitan.
·         Anak mampu memberikan respon yang tepat sesuai topik yang dibicarakan.
·         Anak mampu fokus saat bekerja dan memahami manfaat dari kegiatan  yang dilakukan.
·         Anak mampu membaca informasi yang berhubungan dengan mamalia.
·         Anak mampu mengenal hubungan antara ciri-ciri mamalia dengan fungsinya dalam ekosistem
·         Anak mampu mendengarkan informasi dengan sikap yang wajar
·         Anak mampu membaca wacana dengan lancar.
·         Anak mampu menyelesaikan masalah  yang dihadapi dengan sikap yang wajar.
·         Anak melakukan gerakan koordinasi mata, tangan dan kaki dengan sesuai saat beres-beres.
·         Anak  menggunakan media belajar dengan sesuai (pensil warna, konte)
Kosa Kata
·       Mamalia
·       Herbivora
·       Karnivora
·       Omnivora
·       Insectivora
·       Frogivora
·       Sanguivora
·       Detritivora
·       Vertebrata
·       Berkembangbiak
·       Vivipar
·       Ovipar
·       Ovovivipar
·       Sel telur (ovum)
·       Rambut
·       Homoiterm
·       Kelenjar susu
·       Predator
·       Evolusi
·       Proporsional bentuk

Media Guru                                                                      
·     Alqur’an dan terjemah
·     Indeks AlQur’an Sukmajaya Asyarie, Pustaka.   
·     Buku “Shahih Bukhari” ( Pustaka As-Sunnah)
·     Ensiklopedia Dunia Hewan (Lentera Abadi)
·     Ensiklopedi Pengetahuan  Fauna dan Flora ( tiga serangkai)
·     Eksplore Mamalia (Erlangga)
·     Ensiklopedia Fauna (Erlangga)
·     Binatang Peliharaan (Elex Media)
·     Kertas bambar, pensil warna, konte, krayon
Media Anak
·     Ensiklopedia Dunia Hewan (Lentera Abadi)
·     Ensiklopedi Pengetahuan  Fauna dan Flora ( tiga serangkai)
·     Eksplore Mamalia (Erlangga)
·     Ensiklopedia Fauna (Erlangga)
·     Binatang Peliharaan (Elex Media)
·     Kertas gambar, pensil warna, krayon, konte.
Motivasi
·         Guru dan anak sharing tentang hewan secara umum dan mamalia.
·         Guru dan anak membahas tentang klasifikasi mamalia dan ekosistemnya.
·         Guru dan anak bernyanyi lagu tentang  kebun binatang.

Kegiatan
Kegiatan main yang membuat TFP mengalir ke anak yang dapat membangun konsep tentang hewan mamalia
Ø  Mendengar dan membaca surat An-Nahl ayat 66,80 dan surat Yasin ayat 71-73.
Ø  Sharing tentang makna  surat.
Ø  Membuat sket bentuk hewan dengan pensil, termasuk habitatnya.
Ø  Mewarnai gambar dengan pensil warna/krayon.
Ø  Menyempurnakan gambar dengan konte.
Ø  Menceritakan karya yang tekah dibuat

PROSEDUR
PIJAKAN LINGKUNGAN MAIN
Di dalam ruangan:
  • Menata alat dan bahan yang akan digunakan oleh guru dan anak :
  • Menulis jurnal dengan menggunakan buku jurnal dan alat tulis pensil.
  • Pojok baca, di lengkapi dengan buku-buku yang berhubungan dengan tubuh yang di susun di rak buku.

PIJAKAN AWAL MAIN
·       Guru mengajak anak duduk membuat lingkaran/berbaris dua baris, menyanyi “kebun binatang”
·       Diskusi dengan anak tentang hewan mamalia.
·       Menjelaskan urutan kegiatan hari ini.
·       Diskusi aturan berinteraksi dengan teman dan cara bermain .
·       Mengajak anak untuk berdoa sebelum melakukan kegiatan, memanggil anak satu persatu  dengan tebak hewan.
·       Mengucapkan selamat bermain dan bekerja.

PIJAKAN INDIVIDU SAAT MAIN
·       Guru bergerak bebas di antara anak, mengamati dan mencatat serta kapan masuk dan keluar ketika interaksi main anak sesuai kebutuhan main saat itu.
·       Memberi dukungan yang dibutuhkan anak, mengamati kegiatan yang di lakukan anak-anak. Mendukung anak untuk mengikuti ,menjaga dan  membantu untuk konsisten dengan urutan kerja dan berusaha untuk mendukung keberhasilan anak dalam interaksi mainnya saat main sendiri maupun saat main dengan anak lainnya.
·       Memberikan pijakan kepada anak dengan tujuan untuk mengembangkan tahapan mainnya dari pengamatan visual, pernyataan tidak langsung, pertanyaan, pernyataan langsung dan modelling.
·       Dan guru memberikan tingkatan pijakan sesuai dengan tahap perkembangan anak.
·       Menjaga fokus main sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat dengan terus memberi dukungan dan mengalirkan materi (TFP) selama proses main dan belajar berlangsung hingga selesai untuk mencapai tujuan dan keberhasilan anak.
·       Guru memberikan “tanda”  ( aba-aba dengan waktu), lalu menghitung mundur dari 10 sampai dengan 1, sebagai transisi untuk menghentikan kegiatan main dan dilanjutkan dengan kegiatan beres-beres.
·        Bersama guru anak  menyimpan dan  mengembalikan alat main ketempat semula dengan klasifikasi.

PIJAKAN SETELAH MAIN
·       Guru mengajak anak untuk duduk bersama membuat lingkaran/ barisan untuk recalling melalui verbal dan tulisan.  Anak-anak menceritakan kembali pengalaman selama bermain/ bekerja.
·       Mengajak anak lain untuk mendengarkan dengan perhatian pada saat temannya bercerita dan sabar menunggu giliran.
·       Guru  dan anak mengucapkan Hamdallah.
·       Guru mengucapkan salam kemudian anak-anak menjawabnya.
·       Guru mengajak anak untuk bersiap kembali ke dalam ruangan dengan berbaris bersama dan berjalan menuju kelas, mengajak anak- anak untuk ganti baju ( bila main di luar ruangan ).


Pertanyaan :
1.       Apa yang anak-anak tahu tentang hewan?
2.       Apakah perbedaan anatara  manusia dengan hewan ?
3.       Dari apakan hewan diciptakan ?
4.       Apakah setiap hewan memiliki ciri yang sama?
5.       Apa manfaat mamalia bagi manusia?
6.       Apa fungsi mamalia dalam ekosistem?
7.       Apa yang terjadi bila tidak ada hewan mamalia?
8.       Apa yang harus kita lakukan agar hewan di bumi tidak punah?
9.       Bagaimana cara kita bersyukur atas penciptaan hewan ?

Evaluasi :
Pengamatan langsung, mencatat pilihan main, tahapan main anak, menyimpulkan ungkapan, pertanyaan dan pernyataan anak. Mendokumentasikan semua bahasa natural anak kedalam porto folio masing-masing anak.

Smoga bermanfaat   
































Share this post :

Posting Komentar

 
Support : dzulcyber.com
Copyright © 2015. ABIBA Smart - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger