Selamat Datang!

Contoh LESSON PLAN SENTRA BAHASA KELAS 1





LESSON PLAN SENTRA BAHASA KELAS 1
SEMESTER 2 TAHUN 2017 / 2018

TEMA                : Manusia
SUB TEMA               : Tubuh
TOPIK                     : Panca Indra
SUB TOPIK                : Pendengaran
WAKTU                 :

Ayat Al Quran :

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun. Dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati agar kamu bersyukur (An Nahl : 78)

قُلْ هُوَ ٱلَّذِىٓ أَنشَأَكُمْ وَجَعَلَ لَكُمُ ٱلسَّمْعَ وَٱلْأَبْصَٰرَ وَٱلْأَفْـِٔدَةَ ۖ قَلِيلًا مَّا تَشْكُرُونَ
Artinya: Dia-lah yang menciptakan kamu dan menjadikan pendengaran, penglihatan, dan hati nurani bagi kamu, (tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur. (Al-Mulk ayat 23)

A.    TUJUAN
Anak mampu mengenal kalimat berita tentang pendengaran
1.    Menyanyikan lagu tentang pendengaran
2.    Mendengarkan berita dengan sikap wajar
3.    Membacakan kalimat berita suka
4.    Membacakan kalimat berita duka
5.    Membedakan antara berita suka dan berita duka
6.    Menunjukan ekspresi setelah mendengar berita
7.    Merespon dengan tepat setelah mendengar berita
8.    Fokus dalam belajar
9.    Aktif dalam kegiatan tanya jawab
10. Senang dalam belajar
11. Membuat kalimat berita
12. Mau beres-beres setelah kegiatan

B.     KOSA KATA
-

C.     MEDIA GURU
·         Alquran dan terjemah
·         Buku pengetahuan tentang berita
·         Speaker
·         Buku tulis
·         Pensil
·         Majalah
·         Koran
D.    MEDIA ANAK
·     Alat tulis : pensil, penghapus
·     Alat main yang mendukung berita
·     Majalah
·     Koran

E.     MOTIVASI
·         Menyanyi lagu tentang pendengaran
·         Bercerita tentang pendengaran

F.     KEGIATAN
·         Menulis jurnal sesuai dengan topik (pendengaran)
·         Membuat berita singkat (suka dan duka)
·         Menuliskan berita kepada teman

G.    PROSEDUR
a.  PIJAKAN LINGKUNGAN KERJA
(DI DALAM RUANGAN)
·         Menata meja dengan bentuk lingkaran
·         Menempatkan media yang dibutuhkan sentra dalam satu tempat

b.  PIJAKAN AWAL KERJA
·         Mendengarkan contoh berita dengan seksama, baik berita suka maupun duka
·         Guru dan anak saling berdiri menyanyikan lagu pendengaran disertai tepukan tangan
·         Diskusi tentang berita suka dan duka
·         Mendengarkan contoh berita dengan speaker
·         Melakukan pengulangan berita secara lisan
·         Urutan belajar dengan baik
·         Mengajak anak menuliskan berita singkat
·         Mengucapkan selamat bekerja

c.  PIJAKAN INDIVIDU SAAT KERJA
·         Guru mengamati setiap gerak-gerik anak dan membiasakan mereka bekerja dengan sewajarnya tanpa melebihi batasan kerja atau main
·         Memberikan pijakan kepada anak tentang pembuatan berita singkat
·         Menjaga fokus kerja anak supaya target kerja terpenuhi
·         Guru memberikan tanda waktu selesai dan membersihkan barang-barang sesuai tempat masing masing
·         Menyimak dengan seksama

d.  PIJAKAN SETELAH KERJA
·         Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk bercerita pengalaman kerja secara lisan
·         Guru bersama anak lain  mendengarkan dengan perhatian pada saat temannya bercerita dan sabar menunggu giliran.
·         Guru  dan anak mengucapkan Hamdallah.
·         Guru mengucapkan salam kemudian anak-anak menjawabnya.
·         Guru mengajak anak untuk bersiap melanjutkan kegiatan berikut.

H.    PERTANYAAN
·         Apakah berita itu?
·         Apa yang dimaksud dengan berita suka?
·         Apa yang dimaksud dengan berita duka?
·         Jelasan perbedaan antara berita suka dan duka!
·         Kita mendengar berita dengan menggunakan?
·         Telinga manusia berfungsi untuk?
·         Apa yang kita lakukan setelah mendengar berita suka?
·         Apa yang kita lakukan setelah mendengar berita duka?
·         Berikan contoh nerita secara lisan!
·         Ulanglah berita yang dibacakan oleh guru!
·         Mengapa mendengar berita itu penting?
·         Pelajaran apa saja yang didapat lewat kerja?

I.       EVALUASI
·         Pengamatan langsung (observasi).
·         Tanya jawab.
·         Membaca hasil karya anak.
·         Catatan perkembangan






 

Share this post :

1 komentar:

 
Support : dzulcyber.com
Copyright © 2015. ABIBA Smart - All Rights Reserved
Admin by dzulcyber.com
Proudly powered by Blogger