LESSON PLAN
SENTRA BAHASA KELAS 1
SEMESTER 2
TAHUN 2017 / 2018
TEMA : Manusia
SUB
TEMA :
Tubuh
TOPIK : Panca Indra
SUB
TOPIK :
Pendengaran
WAKTU :
Ayat Al Quran :
وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ
لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ
لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Dan
Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui
sesuatupun. Dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati agar kamu
bersyukur (An Nahl : 78)
قُلْ هُوَ ٱلَّذِىٓ أَنشَأَكُمْ وَجَعَلَ
لَكُمُ ٱلسَّمْعَ وَٱلْأَبْصَٰرَ وَٱلْأَفْـِٔدَةَ ۖ قَلِيلًا مَّا تَشْكُرُونَ
Artinya: Dia-lah yang menciptakan kamu dan
menjadikan pendengaran, penglihatan, dan hati nurani bagi kamu, (tetapi) sedikit
sekali kamu bersyukur. (Al-Mulk ayat 23)
A. TUJUAN
Anak mampu mengenal kalimat berita tentang pendengaran
1. Menyanyikan
lagu tentang pendengaran
2. Mendengarkan
berita dengan sikap wajar
3. Membacakan
kalimat berita suka
4. Membacakan
kalimat berita duka
5. Membedakan
antara berita suka dan berita duka
6. Menunjukan
ekspresi setelah mendengar berita
7. Merespon
dengan tepat setelah mendengar berita
8. Fokus
dalam belajar
9. Aktif
dalam kegiatan tanya jawab
10. Senang
dalam belajar
11. Membuat
kalimat berita
12. Mau
beres-beres setelah kegiatan
B. KOSA
KATA
-
C. MEDIA
GURU
·
Alquran dan terjemah
·
Buku pengetahuan tentang berita
·
Speaker
·
Buku tulis
·
Pensil
·
Majalah
·
Koran
D. MEDIA
ANAK
·
Alat tulis : pensil, penghapus
·
Alat main yang mendukung berita
·
Majalah
·
Koran
E. MOTIVASI
·
Menyanyi lagu tentang pendengaran
·
Bercerita tentang pendengaran
F. KEGIATAN
·
Menulis jurnal sesuai dengan topik (pendengaran)
·
Membuat berita singkat (suka dan duka)
·
Menuliskan berita kepada teman
G. PROSEDUR
a. PIJAKAN
LINGKUNGAN KERJA
(DI DALAM RUANGAN)
·
Menata meja dengan bentuk lingkaran
·
Menempatkan media yang dibutuhkan sentra dalam
satu tempat
b. PIJAKAN
AWAL KERJA
·
Mendengarkan contoh berita dengan seksama, baik
berita suka maupun duka
·
Guru dan anak saling berdiri menyanyikan lagu
pendengaran disertai tepukan tangan
·
Diskusi tentang berita suka dan duka
·
Mendengarkan contoh berita dengan speaker
·
Melakukan pengulangan berita secara lisan
·
Urutan belajar dengan baik
·
Mengajak anak menuliskan berita singkat
·
Mengucapkan selamat bekerja
c. PIJAKAN
INDIVIDU SAAT KERJA
·
Guru mengamati setiap gerak-gerik anak dan membiasakan
mereka bekerja dengan sewajarnya tanpa melebihi batasan kerja atau main
·
Memberikan pijakan kepada anak tentang pembuatan
berita singkat
·
Menjaga fokus kerja anak supaya target kerja
terpenuhi
·
Guru memberikan tanda waktu selesai dan
membersihkan barang-barang sesuai tempat masing masing
·
Menyimak dengan seksama
d. PIJAKAN
SETELAH KERJA
·
Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk
bercerita pengalaman kerja secara lisan
·
Guru bersama anak lain mendengarkan dengan perhatian pada saat
temannya bercerita dan sabar menunggu giliran.
·
Guru dan
anak mengucapkan Hamdallah.
·
Guru mengucapkan salam kemudian anak-anak
menjawabnya.
·
Guru mengajak anak untuk bersiap melanjutkan kegiatan
berikut.
H. PERTANYAAN
·
Apakah berita itu?
·
Apa yang dimaksud dengan berita suka?
·
Apa yang dimaksud dengan berita duka?
·
Jelasan perbedaan antara berita suka dan duka!
·
Kita mendengar berita dengan menggunakan?
·
Telinga manusia berfungsi untuk?
·
Apa yang kita lakukan setelah mendengar berita
suka?
·
Apa yang kita lakukan setelah mendengar berita
duka?
·
Berikan contoh nerita secara lisan!
·
Ulanglah berita yang dibacakan oleh guru!
·
Mengapa mendengar berita itu penting?
·
Pelajaran apa saja yang didapat lewat kerja?
I.
EVALUASI
·
Pengamatan langsung (observasi).
·
Tanya jawab.
·
Membaca hasil karya anak.
·
Catatan perkembangan
|
|
Assalamu'alaikum kak. Tidak ada pasang iklan kah?
BalasHapus